Dunia Wisata dan Kuliner
cara menjaga kehamilan

Beberapa Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Kehamilan Muda

Written on May 23, 2017   By   in Kesehatan

Diberikan kesempatan untuk merasakan kehamilan bagi setiap wanita merupakan salah satu hal yang sangat istimewa yang patu disyukuri. Cara untuk mensyukurinya itu salah satuya bisa dilakukan dengan selalu menjaga kondisi selama menjalani masa kehamilan. Seorang ibu tentu saja harus bekerja keras menjaga kesehatan selama hamil agar kandungannya tetap baik-baik saja. Terutama pada kehamilan muda, perlu usaha tertentu untuk dilakukan. Akan tetapi beberapa kebiasaan begikut ini merupakan kesalahan yang harus dihindari saat menjalani kehamilan muda.

Pertama, kebiasaan buruk minum alkohol dan merokok. Ibu yang kecanduan alkohol dapat menyebabkan fetal alkohol sindrome dengan akibat wajah cacat, IQ rendah, keterbelakangan mental, koordinasi buruk dan juga perilaku agresif. Selanjutnya Merokok dapat menyebabkan gangguan kehamilan seperti prematur dan keguguran. Nikotin yang ada dalam rokok diduga menjadi penyebab kanker pada bayi. Menghindari kebiasaan minum alkohol dan merokok merupakan cara menjaga kehamilan muda yang paling baik untuk dilakukan.

Kedua, nekad melakukan diet. Seorang wanita yang tengah hamil muda tidak boleh melakukan diet penurunan berat badan meskipun berat badannya berlebih. Trimester pertama merupakan saat pembentukan otak, jantung, dan organ penting lainnya. Kekurangan nutrisi pada masa ini akan menyebabkan berbagai gangguan pertumbuhan seperti cacar fisik, organ tubuh, dan gangguan pertumbuhan lainnya.

Ketiga, ada trimester 1 janin belum menempel secara kuat dalam rahim seorang ibu. Aktivitas yang terlalu kuat disertai dengan goncangan dapat menyakibatkan keguguran. Olahraga seperti selancar, angkat besi, dan lari jarak jauh sebaiknya dihindari untuk sementara waktu. Tetapi anda bisa memilih melakukan olah raga ringan seperti jalan santai atau yoga sebagai cara menjaga kehamilan.

Keempat, mengkonsumsi makanan dengan kandugan MSG yang tinggi. Makanan yang diizinkan oleh badan POM belum tentu aman bagi ibu hamil akan tetapi berhati-hati dengan beberapa produk makana yang mengandung MSG yang tinggi ialah hal yang wajib dilakukan. Penggunaan MSG pada berbagai camilan dapat menyebabkan gangguan perkembangan otak sehingga bayi anda lahir dengan IQ rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *