Dunia Wisata dan Kuliner

Benteng Sorawolio yang Eksotis serta Penuh Misteri

Written on December 20, 2016   By   in Wisata

benteng-sarowalioApabila Anda menuju ke Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, jadi anda bakal temukan dua benteng kecil yang berdiri dengan tegak serta kokoh.

Ke-2 benteng itu jaraknya tidaklah terlalu berjauhan. Untuk orang-orang Kota Baubau, ke-2 benteng itu diberi nama Benteng Sorawolio yang keduanya sama terbuat dari batu karang dengan perekatnya memakai putih telur ayam.

Ke-2 benteng itu ukurannya tak teralu besar, memiliki ketebalan sekitaran satu mtr. dengan tinggi benteng itu meraih sekitaran 6-7 mtr..

Seseorang penjaga benteng, La Ade (50), menyampaikan, ke-2 Benteng Sorawolio ini di buat pada saat Sultan Buton XIX yaitu Sultan Sakiyuddin Darul Alam pada th. 1712-1750. Benteng itu berperan sebagai benteng pertahanan dari serangan Belanda serta perampok.

“Dahulu ada yang berada didalam benteng ini, tetapi saat ini telah tak akan. Didalam benteng ada kuburan yang telah lama ada, ” kata La Ade, Rabu (21/12/2016).

Didalam ke-2 benteng ada tanah yang datar dengan ukuran yang tidaklah terlalu luas. Tetapi ada bagian-bagian dinding di Benteng Sorawolio ke-2 itu alami rusaknya akibat pohon yang hidup diatas benteng.

“Pernah satu hari saat saya lagi pergi ke daerah benteng, mendadak saya lihat sosok yang besar tinggi serta hitam. Lalu sosok itu mengangkat tubuh saya segera dibuang serta dibanting di tanah, ” katanya.

Memanglah, kehadiran pohon tua dengan batu benteng yang telah dikonsumsi umur menyebabkan daya magnet yang kuat dan penuh misteri pada benteng itu.

Meskipun sekian, lanjut La Ade, benteng itu tetaplah dikunjungi warga yang menginginkan lihat benteng dari dalam. Jarak ke-2 benteng itu sekitaran 1 km. dari benteng paling utama Keraton Kesultanan Buton.

“Dulu ada masjid didalam benteng ini. Lantaran dikonsumsi umur, saat ini cuma saat ini cuma tersisa batu tempat pijakan masjid saja, ” ucap La Ade.

BENTENG pertahanan di saat kejayaan Keraton Buton tidak cuma Benteng Baadia saja. Satu lagi benteng pertahanan untuk melindungi benteng Keraton Buton dibagian timur yaitu Benteng Sorawolio.

Benteng ini terdapat di Kelurahan Bukit Wolio Indah, Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Benteng Sorawolio berjarak sekitaran 1 km. dari benteng Keraton Buton sebagai pusat pemerintahan Keraton Buton.

Benteng ini di bangun di saat Sultan Buton XIX yaitu Sultan Sakiuddin Darul Alam di th. 1712 hingga th. 1750.

“Benteng ini pernah jadi pusat pemerintahan Sultan Buton XX, Sultan Himayatuddin Muhammad Sayidi, lantaran benteng Keraton Buton waktu itu pernah dikuasai Belanda. Di benteng ini, sultan kembali membuat pasukannya untuk merebut kembali benteng Keraton Buton, ” kata pemandu Wisata Benteng Keraton Buton, Sarman, Minggu (7/2/2016).

Menurut Sarman, pembangunan Benteng Sorawolio juga untuk mencegah serangan dari bajak laut yang begitu menjalar pada saat itu.

Pada umumnya, Benteng Sorawolio juga terbuat dari batu karang serta putih telur dengan tidak tipis dinding sekitaran satu mtr. dengan tinggi sekitaran 6 atau 7 mtr..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *