Dunia Wisata dan Kuliner

BPS : 11, 5 Juta Lebih Wisman Datang ke Indonesia

Written on February 16, 2017   By   in Wisata

Tubuh Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sepanjang th. 2016 sejumlah 11. 519. 275 orang. Hal semacam itu berdasar pada Berita Statistik Resmi BPS yang launching pada Kamis (16/2/2017).

” Jumlah 11, 52 juta ini dengan mengkalkulasi dengan catatan data roaming mulai Oktober – Desember. BPS tak lakukan ekstrapolasi (Januari – September). Kalau turut dihitung, bakal menyumbangkan empat %, ” kata Kepala BPS, Kecuk Suharyanto dalam acara Jumpa Pers di Kantor BPS, Jakarta, Kamis (16/2/2017).

Jumlah kunjungan wisman ini terdiri atas wisman yang bertandang lewat 19 Pintu Paling utama sejumlah 10. 570. 287 orang. Sesaat, diluar 19 Pintu Paling utama sejumlah 948. 988 orang.

Sepanjang th. 2016, wisman paling banyak masuk ke Indonesia lewat Bandara Ngurah Rai, Bali. Lalu, Bandara Soekarno Hatta ada di peringkat ke-2.

Pada bln. Desember 2016, kunjungan wisman sejumlah 1. 113. 328 orang. Sesaat, pada bln. November 2016 terdaftar 1. 002. 233 wisman yang bertandang ke Indonesia.

Lima negara penyumbang wisman untuk Indonesia selama 2016 yaitu Singapura, China, Malaysia, Jepang, serta Australia. Wisman asal India juga adalah satu diantara penyumbang wisman ke Indonesia.

Mengenai 19 pintu masuk paling utama wisman yaitu Soekarno-Hatta, Ngurah Rai, Kualanamu, Batam, Sam Ratulangi, Juanda, Entikong, Adi Soemarmo, Minangkabau, Pelabuhan Tanjung Priok, Tanjung Pinang, Bandara Internasional Lombok, Hasanuddin, Sepinggan, Sultan Syarif Kasim II, Adisutjipto, Husein Sastranegara, Pelabuhan Tanjung Uban, serta Pelabuhan Tanjung Balai Karimun.

Penghitungan data roaming dipakai BPS mulai bln. Oktober sampai Desember 2016 memakai tehnologi Big Data – Mobile Positioning Data (MPD).
MPD di ambil untuk mengkalkulasi 19 kabupaten, 46 kecamatan, th. 2016 di ruang perbatasan, atau PLB (Pos Lintas Batas) yang belum mempunyai TPI (Tempat Kontrol Imigrasi).

BPS dengan cara reguler mencatat kunjungan wisman ke Indonesia berdasar pada data imigrasi di pintu masuk bandara. Data itu diperoleh dari Direktorat Jenderal Kementerian Hukum serta Hak Asasi Manusia. Apapun keadaannya, pariwisata begitu diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perekonomian bangsa, baik itu wisatawan mancanegara maupun domestik. Jaga terus keamanan dan keindahan negara kita agar jumlah wisatawan yang datang terus meningkat. Maju terus ekonomi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *