Dunia Wisata dan Kuliner

Cara Menjahit Tas Tanpa Mesin Jahit

Written on February 26, 2018   By   in Business & Economy, Fashion, hiburan, shopping

Tehnik Menjahit Tas Tanpa Mesin Jahit

Memiliki tas yang kuat dan cantik merupakan keinginan setiap orang, apalagi jika orang tersebut mempunyai mobilitas yang tinggi dan kebutuhan membawa barang yang banyak setiap harinya. Tas yang berkualitas memang banyak dijual di pasaran. Pada umumnya Menjahit tas itu pastilah sangat sulit dengan kendalanya ialah jenis bahan yang di gunakan contohnya bahan kulit jenis bahan ini biasanya memakai mesin jenis Heavy duty anda bisa cek di www.http://www.suppliermesinjahit.com bagaimana bentuk dan fungsi-fungsinya.Akan tetapi, setiap orang bisa saja membuat tas sendiri sesuai kreativitasnya. Tertarik membuat tas tapi tidak punya mesin jahit? Tetap bisa kok!

menjahit tas tanpa mesin

Alat dan Bahan yang Diperlukan

 Untuk menjahit tas tanpa mesin jahit, ada beberapa alat dan bahan yang perlu dipersiapkan. Untuk bahan pembuatan tas, penjahit memerlukan kain atau bisa menggunakan baju bekas, pita, pin, atas benda lain untuk menghias tas, dan juga benang. Untuk peralatan yang dibutuhkan meliputi gunting, lakban, jarum, staples ukuran besar, dan lakban.

Langkah-langkah Pembuatan

 Setelah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan dan setelah merancang desain dan ukuran tas yang diinginkan, penjahit bisa mengikuti langkah-langkah mudah membuat tas sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, gunting kain bahan tas atau baju bekas sehingga menjadi potongan-potongan kain kecil dengan ukuran sekitar 10 cm. Ukuran 10 cm ini bukanlah ukuran kaku. Penjahit tetap bisa menggunakan ukuran potongan lain sesuai kreasi, kreatifitas, dan selera.
  2. Kemudian ikat seluruh potongan-potongan kain tersebut dengan kuat sampai mendapatkan satu bagian bawah tas yang tertutup dan yang dapat digunakan untuk meletakkan barang-barang.
  3. Selanjutnya, buat badan tas dengan cara memberi lakban pada bagian dalam tas. Lakban bagian tersebut secara keseluruhan dan jangan lupa untuk tetap memperhatikan kerapian. Setelah melakban, staples bagian bawah tas tersebut agar menjadi lebih kuat.
  4. Buat pegangan tas dengan bagian baju bekas lain atau menggunakan kain yang lain. Sebagai contoh, penjahit bisa menggunakan ikat pinggang kain sebagai pegangan tas. Ikat pinggang kain tersebut tinggal dijahit dengan kuat di masing-masing sisi penutup tas bagian atas.
  5. Berikan tambahan motif dan hiasan di bagaian penutup tas agar menjadi lebih menarik dan cantik. Untuk menghiasnya, penjahit bisa memasang bros atau pin sebagai tempat pengait tali penutup tas. Buatlah penutup tas tersebut sesuai dengan letak bros atau pin yang telah dipasang.
  6. Langkah terakhir, hias tas tersebut dengan motif kain yang lain atau bisa juga menggunakan pita. Proses menghias tas ini sangat tergantung pada kreativitas penjahit. Sesuaikan semua motif, warna, dan ukuran hiasan sesuai selera dan kepantasan tas. Tas cantik tanpa mesin jahit pun sudah siap dipakai!

Melihat langkah-langkah pembuatan tas di atas, penjahit atau penggiat DIY tidak perlu lagi ragu untuk memulai membuat tas sendiri walaupun tidak mempunyai mesin jahit atau ketika mesin jahit sedang rusak Atau Kalian juga bisa ikutin workshop yang sering diadakan oleh Toko Mesin Jahit di jakarta setiap bulannya. Bahan-bahan yang diperlukan pun sederhana, bahkan bisa memakai baju bekas. Selama ada kreativitas, tetap bisa kok membuat tas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *