Dunia Wisata dan Kuliner

Filosofi Undangan Pernikahan Bentuk Gunungan Wayang

Written on October 6, 2017   By   in Berita

Undangan pernikahan adalah sebuah surat yang meminta penerima untuk menghadiri pernikahan atau suatu upacara pernikahan. Hal ini biasanya dikirim enam sampai delapan minggu sebelum tanggal pernikahan. Sebelum tahun 1400-an, pada acara pernikahan di Inggris biasanya untuk undangan pernikahan diumumkan melalui seorang juru siar Kota, dengan cara seorang juru siar berjalan menyusuri jalanan dan mengumumkan dengan suara keras berita hari ini. Secara tradisional, semua orang yang mendengar berita tersebut, akan menjadi bagian dari perayaan. Namun seiring dengan kemajuan jaman, hal tersebut sudah tidak dilakukan lagi dan di ganti dengan sepucuk surat yang sekarang biasa kita sebut undangan.

Hal-hal pokok yang minimal harus tercantum dalam sebuah undangan pernikahan, yakni :

  • Nama kedua mempelai
  • Nama orangtua kedua mempelai
  • Alamat tempat tinggal orangtua kedua mempelai
  • Tanggal acara Resepsi
  • Waktu acara resepsi
  • Alamat lokasi resepsi
  • Denah lokasi resepsi

Adapun berbagai macam desain undangan pernikahan yang dibuat agar memiliki penampilan menarik serta mencirikan orang yang mengundang dalam acara pernikahan tersebut.

Berikut desain undangan pernikahan yang berbentuk wayang gunung, desain ini dibuat untuk melestarikan pewayangan dan daya tarik dari undangan tersebut. Undangan ini memiliki ciri khas dengan makna dari gambar yang ada di undangan yang berbentuk wayang gunung tersebut.

undangan pernikahan gunungan wayang

Pada undangan pernikahan tersebut memiliki desain wayang gunung yang telah dimodifikasi gambarnya dan memiliki makna tersendiri. Di dalam wayang gunung tersebut di desain ada wanita dan laki – laki, di mana sang pengantin wanita adalah seorang bidan yang dilambangkan dengan gambar wanita yang membawa stetoskop, dan sang pengantin pria adalah seorang guru yang dilambangkan dengan gambar pria yang membawa penggaris. Mereka dikelilingi oleh empat (4) anak kecil dan empat (4) hewan yaitu anjing dan satu angsa. Empat anak tersebut melambangkan keluarga Bali yang terdiri dari Putu, Made, Nyoman, dan Ketut. Sedangkan 4 anjing tersebut melambangkan penjaga dan angsa yang melambangkan kebijaksanaan pengantin. Di gambar tersebut juga terdapat rumah dan pohon yang melambangkan tempat tinggal penganting yang selalu diberi keteduhan.

Dengan gambaran di atas, memberikan sedikit wawasan mengetahui tentang apa makna filosofis dari gunungan yang terdapat dalam pewayangan. Dari segi bentuk maupun nilai yang terkandung dalam wayang dan dari gambar yang ada di dalamnya. Kapan dan siapa yang menciptakan gunungan tersebut, fungsi dari gunungan dalam permainan wayang. Begitu juga pada sebuah desain undangan, memberikan makna tersendiri akan arti seni pewayangan tersebut dan secara tidak sengaja sang desain undangan itu sendiri juga ikut melestarikan seni pewayangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *