Dunia Wisata dan Kuliner

Indahnya Air Terjun Kedung Kayang

Written on January 25, 2017   By   in Wisata

Air Terjun Kedung Kayang, adalah wisata alam yang condong mempunyai daya tarik dalam dunia pariwisata loh, Guys! terutama di daerah Magelang sih. Pasalnya Air Terjun Kedung Kayang Magelang ini mempunyai kekhasan yang pasti tidak akan kalian temui waktu backpacker wisata ditempat yang lain. Wisata Air Terjun Kedung Kayang mempunyai tiga mata air, di mana airnya keluar dari celah retakan batu. Waktu bln. suro umumnya orang-orang mendengar ada nada alunan gamelan khas jawa dan kera yang memang disangka berkumpul cuma dalam bln. suro saja serta ya.. Guys!

Air tejun

Nama Air Terjun Kedung Kayang didapatkan dari beberapa empu yang tinggal di lokasi air terjun ini, Empu itu bernama Empu Panggung, Empu Putut, serta Empu Khalik. Ketiga empu lalu mengadakan satu pertemuan di mana mengulas mengenai Sungai Pabelan yang banyak memberi khasiat pada orang-orang sekitaran. Guys! Sungai Kedung Kayang memang besar sih, namun tidak bakal mengalirkan lahar panas dari Gunung Merapi kok, so tenang saja ya. Hal semacam ini karena kinasih yang memang diakui sebagai penunggu sungai, yakni Kyai Gadung Melati serta Nyai Widari Welas Asih.

Misteri Air Terjun Kedung Kayang yakni waktu pertemuan ketiga empu, yang mana mereka pada akhirnya setuju bikin hajatan adu kesaktian. Apa lagi tuh ya? Oke, Adu kesaktian yang ditandingkan adalah adu lempar yang diadakan pada bln. Suro. Nah, kepercayaannya sih, siapa saja yang dapat melempar telur angsa ke kedung serta tetap masih utuh, dia-lah pemenangnya.

Rata-rata sih ya, semuanya telur yang dilemparkan oleh ketiga empu pecah semuanya. Mereka juga menginginkan mengambil cangkang atau anyang telur angsa itu dari dalam kedung. Nyatanya ya tidak ketemu dengan kata lain lenyap deh. Dari peristiwa ganjil, mereka juga menamakan kedung ini dengan sebutan Kedung kayang. Oleh sang penunggu sungai, yakni Kyai Gadung melati serta Nyai Widari Welas Asih, ketiga cangkang telur angsa itu beralih, nah jadi Guys! daro cangkang telur itu jadi sumber mata air yang ada di depan air terjun.

Untuk telur Empu Putut membuat sumber mata air yang ada di dalam tebing segi utara, Guys! Sesaat untuk telur Empu Panggung membuat sumber mata air yang ada di segi timur air terjun, sedang untuk telur Empu Khalik membuat mata air yang ada di segi barat air terjun. Ketiga mata air lalu keluar dari celah-celah bebatuan besar. Di belakang air terjun, ada goa yang lebar 2 m dan tinggi 2, 5 m dengan panjang lorong belum di ketahui ujungnya tuh. Tempat goa kerap jadikan sebagai tempat bertapa. Kalian yang ingin nyoba cari jodoh bisa tuh sekali-sekali bertapa di sana.

Masihlah ada hal sebagai misteri sih, Ingin tahu? Nih, ya Guys! setiap malam kamis wage serta malam jumat kliwon umumnya kerap terdengar nada gamelan dari arah Object Wisata di Magelang Air terjun Kedung Kayang. Wew horror… serta Ya, Guys! pada hari-hari itu, lokasi air terjun dipenuhi dengan kera-kera yang ada di tebing serta diatas air terjun. Ini peluang dikarenakan air terjun yang mempunyai banyak mata air serta diakui untuk beragam kepentingan dan maksud. Tersebut pada akhirnya sebagian orang-orang menyebutkan mata air di sekitaran air terjun dengan sebutan Mata Air Panguripan atau Mata Air Kinasihan.

Kalian yang menginginkan berkunjung ke air terjun-nya, dapat segera cus saja ke wisata alam Air Terjun Kedung Kayang yang ada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten, Magelang, Jawa Tengah. Untuk dapat hingga ke destinasi wisata alam Air Terjun Kedung Kayang Wonolelo telah ada akses infrastruktur dari mulai keadaan jalan beraspal yang terpelihara dengan baik, jembatan penghubung dan terdapatnya akomodasi yang komplit. Ditanggung kok Guys! Acara backpacker kalian tidak bakalan percuma kok. Ingin selfie-selfie kekinian juga jadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *