Dunia Wisata dan Kuliner

Indahnya Tempat Wisata Danau Poso Yang Buat Kangen

Written on January 7, 2017   By   in Wisata

Apabila berkunjung ke tempat wisata danau poso dan juga mau berkelana danau, kita dapat menyewa perahu motor tempel. Terdapat pemandu, william tabasi namanya yang dapat ditemui di tentena ataupun dapat pula menumpang kapal motor yang biasa mereka sebut taksi air. Dermaganya pas di ujung jembatan tua dan juga jembatan baru kota tentena.

Tempat Wisata Danau Poso

Terdapat juragan perahu motor ataupun taksi air bernama arsyad walenta. Terdapat pula rudin ruagadi. Mereka tentu dengan bahagia hati membawakan kamu menyusuri pesisir timur danau poso berbarengan penumpang yang lain, kemudian berulang lagi ke kota tentena. Tiap hari taksi air ini melayani para penumpang universal dan juga orang dagang yang bakal berjualan di pasar tradisional setempat.

“Biayanya bergantung jaraknya. Amat jauh ya 3 puluh ribu rupiah. Jadi persis taksi, ” kata arsyad.
Penduduk setempat pula biasa memakai perahu motor tempel dengan cadik menyusuri danau ataupun pula memancing. Tetapi spesial taksi air, mesinnya 2, bisa jadi dekat 4 tenaga kuda. Perahunya pula lebih besar. Lebih pas diucap kapal motor.

Terdapat yang bilang, danau poso serupa suatu kotak ajaib yang dijatuhkan tuhan di pamona. Berpagar bukit dan juga pula hamparan persawahan penduduk setempat. Wujudnya serupa kotak persegipanjang yang dijatuhan di antara bukit. Elok nian terdapatnya. Senantiasa mendatangkan rindu buat berulang lagi ke situ.

Aku, sudah berulang kali ke situ, semenjak 1999 sampai saat ini, tidak pula sempat bosan mengagumi keindahannya. Senantiasa aja terdapat rindu yang tersimpan. Apabila mau sedikit panorama alam yang berubah, dapat menapak mengarah bukit kristus di arah utara kota tentena. Dari atas bukit itu, kita dapat melihat panorama alam danau dengan hamparannya, pula jejeran permukiman di kota tentena. Sangat elok.

Dan juga apabila letih menyusuri danau, banyak warung makan sejauh danau apabila mau berupaya sugili goreng ataupun bakar. Ataupun dapat pula menyicipi ikan mujair dan juga ikan mas rica-rica ala restoran ongka bale.

Buat mengarah danau ini, dari jakarta kita dapat menumpang misalnya lion air, garuda ataupun yang lain. Tujuan awal mulanya lapangan terbang mutiara palu. Harga tiket bergantung maskapai setempat, tetapi ancang-ancangnya dekat rp1, 5 juta rupiah. Kemudian dilanjutkan dengan ekspedisi darat mengarah poso, sepanjang 210 km. Setelah itu diteruskan ke kota tentena, sepanjang 56 km. Taksirannya tidak kurang dari 8 jam ekspedisi darat.

Ekspedisi darat dapat ditempuh dengan bis penumpang universal ataupun bis ekspedisi new armada ataupun alugoro yang yang tarifnya rp105 ribu dari palu ke poso. Apabila mau langsung ke tentena dari palu dapat menumpang bali ekspres, biayanya tidak lebih dari rp150 ribu. Terdapat pula alternatif dari bandar hawa internasional, makassar, sulawesi selatan mengarah bandar hawa kasiguncu, poso, memakai ekspress air ataupun lion air.

Soal tempat menginap, jangan takut. Terdapat banyak tempat yang layak aku sarankan. Ialah cottage uwe datu, hotel pamona indah ataupun hotel indonesia timur. Tarif inapnya murah. Kita dapat menginap dengan aman dengan harga rp150 ribu-rp250 ribu per malam ditambah makan. Nanti pula terdapat home stay di rumah bambu dodoha mosintuwu. Jadi apabila terdapat waktu liburan, berkunjunglah ke mari. Siapa ketahui kamu juga dapat merasakan rindu serupa aku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *