Dunia Wisata dan Kuliner

Jenis hardisk

Written on October 26, 2016   By   in Teknologi

Beragam Jenis Hardisk Laptop

 

Hardisk merupakan media elektronik yang digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data pada perangkat komputer atau laptop. Hardisk sendiri terdiri atas kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hardisk sendiri terdiri dari beragam jenis dan ukuran kapasitas yang berbeda. Semakin besar ukuran kapasitas hardisk, maka akan semakin banyak data yang dapat anda simpan di hardisk tersebut. Pada pembahasan kali ini akan dikupas mengenai beragam jenis hardisk laptop. Simak penjelasannya berikut untuk menambah referensi anda.

Jenis hardisk

Hardisk laptop memiliki beragam jenis. Setiap jenis memiliki klasifikasi dan keunggulannya tersendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut beragam jenis hardisk laptop yang ada di dunia.

  • Hardisk jenis ATA / EIDE

Hardisk jenis ATA / EIDE ini adalah standar versi terbaru antar muka disk yang sesuai untuk bus. Hardisk ini banyak digunakan oleh komputer, meski pun tak jarang juga digunakan oleh laptop.

 

  • Hardisk jenis SCSI

Hardisk jenis SCSI, memiliki keunggulan di bidang peforma yang lebih baik. Keunggulan tersebut membuat hardisk jenis ini lebih mahal jika dibandingkan dengan hardisk jenis ATA / EIDE.

 

  • Hardisk jenis RAID

Hardisk jenis RAID merupakan hardisk yang memiliki peforma yang baik dengan kapasitas penyimpanan yang besar. Hardisk ini sangat sesuai digunakan pada laptop yang membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar.

 

  • Hardisk jenis SATA

Hardisk jenis SATA ini, merupakan jenis hardisk yang memiliki kemampuan kecepatan dalam mengirim data.

 

Jenis jenis hardisk yang telah disebutkan di atas merupakan jenis hardisk yang termasuk dalam kategori internal hard disk. Internal hardisk sendiri berarti bahwa hardisk yang digunakan diinstal langsung ke dalam CPU. Selain kategori internal hard disk, terdapat pula kategori eksternal hard disk. Eksternal hard disk berarti bahwa hard disk tersebut dapat dipindah-pindahkan dan tidak diinstal ke dalam CPU. Demikian lah pembahasan terkait dengan beragam jenis hardisk laptop. Semoga bermanfaat dan dapat menambah referensi anda terkait dengan hard disk laptop!

 

  1. Komputer untuk Game

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *