Dunia Wisata dan Kuliner

Jenis-jenis pompa air berdasarkan tenaga penggeraknya

Written on January 30, 2017   By   in Teknologi

Pompa-Air-submersible

Satu diantara alat yang bertindak utama dalam sistem pemrosesan air yaitu pompa air. Alat ini berperan mendistribusikan air dari sumber air ke tempat pemrosesan air, menyalurkan air ke customer dsb. Beberapa jenis pompa air juga begitu banyak bergantung dari manfaatnya. Tetapi kesempatan ini kami cobalah ulas beberapa jenis pompa air yang pada umumnya di kenal orang-orang berdasar pada tenaga penggeraknya.

1. Pompa Air Dragon (Pompa air manual)

Sebagai satu diantara type pompa air manual, pompa air dragon ini adalah merk pompa air yang begitu populer di sekitaran th. 70-an. Terlebih untuk beberapa daerah yang belum terjangkau listrik. Hingga merk pompa air dragon ini jadi ikon/image di berencana orang-orang kita saat itu untuk mewakili arti pompa air manual. Untuk warga yang mempunyai sumur air sendiri, pompa air ini jadi pilihan untuk menukar langkah tradisional, menimba air dari sumur.

Langkah kerja pompa air manual ini juga simpel seperti gambar tersebut. Saat tuas pompa ditarik ke atas, piston bergerak ke bawah ke basic ruang pompa. Air yang ada pada pompa bakal masuk ruang diatas piston lewat klep (valve) pada piston, seperti tampak pada gambar A.

Saat tuas pompa didorong ke bawah, piston bergerak naik berbarengan dengan tertutupnya klep piston hingga air yang ada diatas piston turut terdorong ke atas serta keluar lewat corong pompa. Di waktu berbarengan piston bakal menyedot air dari dalam sumur serta air masuk ruang dibawah piston lewat klep di basic pompa yang terbuka di waktu piston bergerak ke atas, seperti tampak pada gambar B. skema langkah kerja pompa air manual, Askema langkah kerja pompa air manual, B

Anda bisa mendapatkan pompa jenis ini di distributor pompa torishima, silahkan kunjungi jika anda berminat untuk memiliki pompa torishima

2. Pompa Air Sanyo (Pompa air listrik)

Bersamaan mengembangnya jaman serta aliran listrik telah banyak masuk ke beberapa daerah, pompa air tenaga listrik (AC 220V) jadi pilihan untuk menukar pompa air manual. Pompa air merk Sanyo jadi arti umum untuk mewakili pompa air tenaga listrik. (Mungkin saja waktu itu, masa 70-an – 80-an yang beredar banyak pompa air merk Sanyo ya).

Saat ini cukup banyak merk pompa air yang mengedar dengan tehnologi yang tidak sama. Tetapi tehnologi yang umum di kenal dengan Centrifugal Pumps. Yakni pompa air yang bekerja berdasar pada daya centrifugal yang dibuat oleh impeller (kipas) yang diputar oleh motor listrik. Lantaran daya centrifugal ini air tersedot (dari sumur) serta terdorong keluar dengan cara kontinyu lewat sirip-sirip impeller seperti gambar di bawah ini.

3. Pompa Air Bensin/Solar (Diesel)

Pompa air type ini memakai motor memiliki bahan bakar bensin atau solar. Langkah kerjanyapun sama juga dengan pompa air listrik diatas. Bedanya cuma pada motor penggerak kipas impeller-nya yang memakai bahan bakar bensin atau solar. Umumnya pompa air type ini dipakai untuk memompa air dengan volume debet air yang besar. Ini tampak dari besarnya ukuran pipa atau selang yang diameternya cukup besar.

4. Pompa Air Celup (Submersible)

Sesuai sama namanya, pompa air listrik ini pemakaiannya di celupkan ke air. Pemakaian yang umum yaitu pompa air yang digunakan dalam aquarium untuk mengalirkan air ke tempat penyaringan air hingga air aquarium terbangun kejernihannya untuk saat yang lebih lama. Sekarang ini banyak sekali yang jual pompa submersible sehingga anda tidak akan kesulitan menemuknnya

Langkah kerjanyapun sama dengan pompa air listrik diatas (no : 2), memakai daya centrifugal dari rotasi kipas impeller untuk mendorong air ke atas. Type pompa air celup ini cukup banyak bergantung keperluannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *