Dunia Wisata dan Kuliner

KPPU : Revisi UU Persaingan Usaha untuk Tingkatkan Iklim Investasi di Indonesia

Written on November 18, 2016   By   in Business & Economy

pejabat-kppuKomisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) serta DPR sekarang ini tengah mengulas Rancangan Undang-Undang (RUU) Persaingan Usaha yang bakal membuat revisi UU Nomer 5/1999 mengenai Larangan Praktek Monopoli serta Persaingan Usaha Tak Sehat.

” RUU itu bakal memberi kepastian hukum pada pelaku usaha, hingga bisa tingkatkan iklim Investasi di Indonesia dan membuat efisiensi ekonomi serta produktifitas nasional, ” tutur Syarkawi pada Kompas. com, Jumat (18/11/2016).

Syarkawi menerangkan, dalam revisi UU Nomer 5/1999 itu, ada klausul penguatan kelembagaan KPPU yang bakal diputuskan sebagai instansi negara.

Menurut dia, hal semacam itu bakal memberi keringanan KPPU dalam melakukan manfaatnya memberi anjuran serta pertimbangan pada presiden.

” Status kelembagaan yang kuat bakal memudahkan KPPU menggerakkan kewenangan advokasi kebijakan, sama dengan instansi sama di Australia, Jepang, Korea, Eropa serta USA, ” katanya.

Menurut Syarkawi, dalam RUU itu KPPU akan mempunyai kewenangan baru berbentuk penggeledahan. ” Kewenangan ini diinginkan bakal mempertajam taring KPPU Dalam menunjukkan praktek persaingan usaha tak sehat. Gagasannya, tehnis penggeledahan ini ditata dalam ketentuan turunan RUU itu, ” imbuhnya.

Syarkawi menyatakan, meski sekarang ini kewenangan KPPU belum seberapa kuat, tetapi pihaknya tetaplah berusaha memaksimalkan manfaat untuk mencegah serta penegakan hukum berkaitan persaingan usaha.

Menurutnya, telah banyak perkara besar yang sudah ditetapkan KPPU diantaranya, masalah distribusi garam, kartel pesan singkat atau SMS, penetapan harga ban, perdagangan sapi impor, penyusunan produksi bibit ayam pedaging (broiler), dan persekongkolan tender layanan kontraktor minyak serta gas bumi (migas).

” Bila kewenangan KPPU diperkuat, kami semakin lebih gampang membuka beberapa masalah praktik monopoli serta persaingan usaha tak sehat yang melibatkan entrepreneur besar. Kami dapat membuat perlindungan pelaku usaha dalam negeri serta customer dari kartel yang berbentuk Internasional (cross border cartel) yang kecenderungannya makin tinggi dalam satu tahun lebih ke depan bersamaan dengan Implementasi Orang-orang Ekonomi ASEAN (MEA), ” tegas Syarkawi. Persaingan usaha akan selalu ada, termasuk di dunia internet marketing, jika ingin unggul bersaing di mata google, jasa seo bogor adalah salah satu solusinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *