Dunia Wisata dan Kuliner

Lima Tempat Makan Murah Meriah di Yogyakarta

Written on February 8, 2017   By   in Makanan & Minuman

kuliner jogja

Yogyakarta sampai kini di kenal sebagai satu diantara kota besar di Indonesia namun mempunyai harga makanan yang masihlah terjangkau.

Tidak sama dengan daerah maksud wisata lainya di mana harga makanan condong mahal, hal itu tak berlaku di Yogyakarta.

Di bawah ini yaitu lima tempat makan murah di Yogyakarta, dengan rasa tak murahan

1. Pecel Bu Ramlan

Di satu diantara pojok kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Laksda Adisucipto Km. 6 No. 2 atau timur Hotel Ambarukmo Anda dapat nikmati seporsi nasi pecel seharga Rp4 ribu.

Walau harga nya murah, namun rasa-rasanya sekalipun tak murahan.

Yaitu Bu Ramlan yang sehari-harinya berjualan di warung simpel yang dinamakan Warung Soto serta Pecel Magetan Bu Ramelan.

Diceritakannya dia mulai berjualan pecel serta nasi sayur mulai sejak th. 1983.

Sesuai sama namanya, pecel serta soto yaitu menu andalan dari warung makan ini.

Tidak sama dengan umumnya pecel yang ada di Yogyakarta yang condong manis, pecel Bu Ramlan ini lebih condong ke rasa gurih asin.

Rasa yang tidak sama dari umumnya pecel di Yogyakarta, lantaran pecel itu memanglah mengambil resep dari lokasi Magetan Jawa Timur, yg tidak menguasai manis untuk cita rasa masakannya.

Seperti umumnya nasi pecel lainya, satu jumlah menu itu berisikan nasi putih, sayuran seperti bayam, kacang panjang, serta tauge, lalu disiram dengan bumbu kacang.

Tribun Jogja/Hamim Thohari

Satu jumlah nasi pecel bakal makin nikmat di nikmati bermacam lauk yang disiapkan oleh Bu Ramlan, dari mulai bermacam gorengan, seperti tempe, tahu, bakwan, serta peyek.

Terkecuali nasi pecel, pengunjung warung makan terssebut dapat juga pesan soto ayam. Harga sotonya juga tak kalah murah. Untuk nasi soto campur juga cuma Rp4 ribu, tengah nasi soto pisahlah harga nya Rp6 ribu.

2. Nasi Langgi Pak Man

Seolah tak ada habisnya mengulas bermacam kuliner yang ada di Yogyakarta. Anda bakal memperoleh beberapa pilihan kuliner dari mulai warung kaki lima, warung rumahan yang simpel, sampai restoran.

Di lokasi perkampungan padat masyarakat yang ada di Kampung Pingit, Kelurahan Bumijo, Yogyakarta ada satu tempat makan simpel yang menghidangkan nasi langgi serta senantiasa ramai oleh konsumen.

Warung makan simpel yang dinamakan Warung Nasi Langgi Pak Man itu dikelola oleh Mugiman (57) serta istrinya yang bernama Wakinah (56).

Dikisahkan Wakinah, dia bersama suaminya mulai berjualan nasi langgi mulai sejak th. 1988.

Selanjutnya dia bercerita, makanan yang di jualnya yaitu masakan yang dimodifikasi dari hidangan keraton.

Tribun Jogja/Hamim Thohari

” Yang kami ketahui, nasi langgi yaitu hidangan keraton yang berisikan nasi gurih, yang dihidangkan berbarengan kering tempe, kedelai hitam, abon, srundeng serta ada empalnya bersama lalapan, ” katanya.

Dari menu itu pada akhirnya Wakinah bikin menu nasi langgi yang lebih murah tanpa ada memakai abon serta empal, lantaran ketika dia mulai berjualan empal serta abon yaitu makanan elegan.

” Dahulu waktu saya pertama kalinya jualan satu jumlah nasi langgi hargnya masihlah delapan rupiah. Jadi dari dahulu memanglah ini makanan yang murah meriah, ” narasi Wakinah.

Sekarang ini nasi langgi Pak Man berisikan nasi putih yang dihidangkan berbarengan bermacam type oseng-oseng serta lauk berbentuk gorengan, telur, serta rica-rica tulang ayam.

Sehari-harinya ada sekitaran 9 type oseng-oseng yang dapat diambil konsumen. Dari mulai kering tempe, oseng tempe, oseng jamur, daun pepeaya, oseng teri, oseng bihun.

Yang khusus dari nasi langgi Pak Man ini yaitu cita rasa-rasanya yang serba pedas.

Walau semuanya masakannya sudah mempunyai cita rasa yang pedas, namun tetaplah disiapkan sambal yang makin bikin nasi langgi ini makin mantap.

Satu jumlah nasi langgi yang berisikan nasi putih, oseng-oseng, serta suiran telur dadar cuma dihargai Rp5 ribu. Untuk gorengan sebagai pendampingnya cuma dihargai Rp500.

3. Soto Sewu

Yogyakarta sampai kini di kenal sebagai surganya makanan murah. Kerapkali orang luar kota heran dengan harga makanan di Yogyakarta yang murah di banding dengan kota besar lainya.

Satu tempat makan murah yang layak anda kunjungi yaitu Soto Sewu Bu Marto Ngatinah yang ada di Dusun Rukeman, Desa Tamantirto, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul.

Sehari-harinya warung soto simpel itu senantiasa ramai dikunjungi konsumen, lantaran harga nya yang murah. Satu jumlah soto ayam cuma dihargai Rp3 ribu.

Soto itu di kenal dengan sebutan nama Soto Sewu (soto seribu) lantaran melukiskan murahnya hidangan itu.

” Dahulu memanglah harga nya seribu satu mangkok, serta harga itu berlaku cukup lama. Jadi beberapa orang yang mengetahui soto ini dengan nama Soto Sewu, tutur Mbah Marto Ngatinah.

Walau harga nya murah, rasa dari soto sewu tidaklah murahan. satu jumlah soto berisikan nasi, kobis, tauge, suiran ayam, daun sledri, bawang goreng, serta disiram kuah soto berwarna bening.

Rasa soto sewu ini begitu fresh, dengan rasa rempah yang cocok.

Tribun Jogja/Hamim Thohari

Dalam kuah soto yang senantiasa dipanaskan dalam wadah besar itu ada irisan daun loncang serta dan tomat, di mana irisan-irisan itu senantiasa diikutkan dalam satu jumlah soto.

Kehadiran tomat serta daun loncang itu makin memberi fresh hidangan soto.

Menyantap soto bakal makin nikmay didampingi lauk, seperti tempe goreng, bakwan, tahu isi, kepala ayam.

Terkecuali sediakan soto ayam, warung itu juga sediakan nasi rames.

4. Gulai Sapi Pak Triyono

Warung makan di lokasi Bumijo Berencana, Kelurahan Bumijo, Kecamatan Jetis, Kota Yogyakarta sehari-harinya senantiasa ramai didatangi konsumen.

Yaitu menu gulai daging sapi yang bikin pelangganya senantiasa datang kembali pada warung itu.

Tempat makan itu bernama warung makan Pak Triyono, sesuai sama nama pemiliknya. Diterangkan Triyono (44), berjualan nasi gulai yaitu usaha yang diwariskan oleh bapaknya.

” Ayah dahulu berjualan gulai mulai sejak th. 1957, serta saya mulai melanjutkan usaha ini sekitaran th. 1999. Terkecuali gulai, warung ini dapat sediakan soto sapi, dan sego janganlah, serta semuanya menu ini sudah ada mulai sejak ayah yang berjualan, ” ceritanya.

Saat anda pesan seporsi nasi gulai, anda bakal memperoleh sepiring nasi yang di atasnya disiram dengan kuah gulai bersama irisan daging sapi serta di beri taburan bawang goreng di atasnya.

Tribun Jogja/Hamim Thohari

Rasa kuah yang gurih dengan struktur daging sapi yang empuk yaitu kesan pertama waktu anda mencicipi hidangan yang satu ini.

Bermacam bumbu yang didominasi oleh type rempah seperi serai, daun salam, kunyit, merica, bawang merah, bawang putih, yang dimasak dalam santan bikin gulai Pak Triyono ini merasa mantap.

Kuah gulai berwarna kuning tidaklah terlalu banyak disiram ke nasi hingga waktu menyantap nasi gulai ini tak merasa enek.

Terkecuali mempunyai rasa masakan yang nikmat, warung itu senantiasa ramai lantaran harga makanannya begitu terjangkau.

Satu jumlah nasi gulai bisa anda nikmati cuma dengan harga Rp9 ribu, itupun irisan daging sapinya juga cukup banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *