Dunia Wisata dan Kuliner

Menggunakan Mesin Bordir

Written on September 7, 2016   By   in Fashion, shopping

Cara Mudah Menggunakan Mesin Bordir

Keberadaan mesin jahit sekarang ini di dalam industri konveksi maupun garmen memiliki peran yang cukup besar guna mempercepat proses pembuatan pakaian seperti halnya kemeja, celana, blazer, jas, maupun model pakaian lainnya. Untuk dapat meningkatkan nilai jual pakaian tersebut tak jarang banyak penjahit yang menambahkan hiasan berupa aplikasi bordir yang dibuat secara manual menggunakan tangan maupun dengan bantuan dari mesin bordir. Secara garis besar, sudah ada banyak mesin jahit biasa dan juga mesin jahit portable yang multi fungsi dapat digunakan untuk membuat suatu pola hiasan di atas kain yang menggunakan bahan dari benang. Akan tetapi, dibutuhkan beberapa penyesuaian supaya mesin jahit tersebut bisa dioperasikan sesuai dengan fungsinya.

Tips Menggunakan Mesin Bordir Modern

bordir

Tipe pertama yang dapat anda perhatikan dalam menggunakan mesin bordir adalah dengan melepas sepatu mesin jahit bordiri terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tidak menutupi pandangan mata saat menentukan posisi jatuhnya jarum jahit di kain serta supaya tak mengganggu pergerakan kain di dalam melakukan kegiatan membordir ini. Diketahui bahwa cara yang paling mudah untuk dapat melepaskan sepatu mesin bordir tersebut adlah dengan memutar sekrup pemegang sepatu di mesin jahit hingga ia dapat terlepas. Selain itu, anda juga dapat memutar pengatur jarak jahitan di posisi nol atau posisi netral sehingga putarannya akan menjadi lebih rungan karena tak memiliki beban saat akan memajukan dan memundurkan kain jika mesin dijalankan.

baca juga https://www.singerjakarta.com/

Tips kedua dalam menggunakan mesin bordir adalah dari pemilihan jenis benang. Terdapat banyak jenis benang yang biasanya digunakan untuk membordir. Benang tersebut bervariasi mulai dari warna maupun ukurannya. Benang khusus membordir ini lebih halus jika dibandingkan dengan benang biasa yang digunakan untuk menjahit pakaian. Oleh sebab itu, sebaiknya gunakanlah jarum jahit pada mesin bordir yang berukuran 9 atau 11. Kini membordir pakaian akan terasa lebih mudah dengan menggunakan mesin jahit yang dapat pula digunakan untuk membordir tersebut. Terlebih kini harga mesin jahit bordir ini cukup terjangkau dan kualitasnya pun tak usah diragukan lagi. Bahkan kini pun sudah ada banyak merk mesin jahit yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *