Dunia Wisata dan Kuliner

Pantai Indrayanti Jogja

Written on January 31, 2017   By   in Wisata

Tempat Wisata di Jogja kini semakin hari semakin banyak diminati wisatawan baik itu lokal maupun turis mamcanegara. Pantai Indrayanti terletak di wilayah Wonosari diantara Pantai Sundak dan Pantai Siung. Pantai ini sebenarnya oleh pemerintah dan masyarakat setempat lebih dikenal dengan sebutan nama Pantai Pulang Syawal. Akantetapi, Pemilik Resto & Cafe Pantai Indrayanti, Arif Rahman, dianggap sebagian orang yang berperan memberi nama Pantai Indrayanti.

Wisata Pantai-Indrayanti-Jogja-gunung-kidul

Wisata Pantai-Indrayanti-Jogja-gunung-kidul

Pantai Indrayanti mempunyai konsep serta ciri khas yang berbeda dibanding dengan pantai lainnya yang ada di GunungKidul, DI Yogyakarta. Walaupun Pantai Indrayanti sama-sama terdiri dari hamparan pasir putih serta batuan karang, namun Pantai ini mempunyai suasana yang berbeda. Pengelola pantai Indrayanti mencoba memberikan sentuhan modern untuk menarik para pengunjung. Hal ini terlihat dari penataan lokasi di sekitar pantai serta sarana yang disediakan di sana.

Kebersihan di Pantai ini sangat terjada karena bebas sampah di sekitar pantai. Sebab, pengelola pantai ini berani menerapkan sanksi bagi wisatawan yang membuang sampah sembarangan di pantai Indrayanti akan di denda sebesar Rp 10.000. Selain pantainya yang Indah, restoran, kafe hingga penginapan tersedia di tempat tersebut. Menu makanannya juga bisa kita pilih sendiri mulai dari hidangan laut, hingga nasi goreng ada disini. Yang lebih menarik lagi restoran tersebut menghadap ke laut, Jadi pengunjung bisa menikmati santapan kulinernya sambil mendengarkan debur ombak pantai selatan yang menenangkan.

Kesan Romantis terasa indah ketika anda bersantap ria dengan pasangan di pantai ini. Sebab, gazebo yang berada di tepi pantai Indrayanti diterangi dengan cahaya lampu. Makan malam di kafe dengan suasana pantai yang indah juga merupakan pengalaman menarik dan berkesan buat anda yang merasakannya. Pantai Indrayanti menyuguhkan keindahan pemandangan yang luar biasa. Air lautnya yang masih bening kebiruan tampak berkilau.

Oleh karena itu, bagi anda yang masih bingung dengan tujuan wisata anda. Pantai ini layak dijadikan objek selanjutnya. Karena, anda tidak akan rugi apabila menjadikan Indrayanti sebagai pilihan wisata anda saat liburan kali ini. Suasana serba modern di sekitar pantai, mungkin membuat Anda merasa sedang di Bali.

 

Peta Lokasi Alamat Pantai Indrayanti Jogja

menuju jalan serta rute yang mudah dan cepat. Dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi melewati jalan alternatif yang cepat. Menuju lokasi pantai ini sangatlah mudah. Untuk anda yang berada dari luar kota dan ingin mengunjungi pantai ini, saya sarankan agar anda mengetahui betul rute lokasi jalan menuju pantai Indrayanti Jogja agar anda bisa menghemat waktu dan tidak kesasar.

Lokasi Pantai Pulang Sawal atau dikenal sebagai Pantai Indrayanti terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Sundak dan Somandeng. Untuk Koordinat GPS Berada Pada: S8°9’2″ E110°36’44”. Untuk anda yang ingin menuju lokasi pantai Indrayanti cukuplah mudah, karena jalannya sudah beraspal halus. Namun para wistawan disarankan membawa kendaraan sendiri karena di lokasi tidak ada angkutan khusus. Berikut jalur alternatif petunjuk lokasi pantai:

Lokasi Pantai Dari Jalur Kota Wonosari

Jika anda ingin memakai jalur dari Kota Wonosari, pada pertigaan Gading -> anda dapat terus berjalan lurus (kiri) dan menuju ke Bunderan Siyono. Pada titik ini -> anda dapat memilih dan melewati pusat kota dengan berjalan lurus atau mengambil rute Ring Road di arah kanan. Tujuan kedua rute ini sama-sama menuju pertigaan Mulo, dimana anda akan dihadapkan lagi pada dua pilihan jalur, yakni Jalur Tepus dan Tanjungsari.

Lokasi Pantai Dari arah Tanjungsari
Dari pertigaan Mulo, anda harus mengambil arah lurus kearah Tanjungsari, dimana anda akan bertemu dengan pertigaan yang terhubung dengan jalur dari arah Trowono (Jalur Selatan). Pada titik ini anda dapat berjalan lurus, langsung menuju kawasan pantai. Dimulai dari Pantai Baron, Kukup, Drini, Krakal, Sundak, dan paling ujung Indrayanti atau Pulang Syawal.

Lokasi Pantai Dari arah Tepus
Jika anda mengambil jalur dari arah Tepus, pemandangan perbukitan karst dan perdesaan Tepus juga akan mewarnai perjalanan anda. Anda akan melewati pusat Kota Kecamatan Tepus hingga akhirnya akan menemukan pertigaan Tepus, dengan arah kiri menuju Pantai Wediombo dan Siung, sementara arah kanan menuju ke Indrayanti atau Pulang Syawal. Ambilah arah kanan karena setelah sekitar 5 km, Anda akan tiba di Pantai Indrayanti.

Untuk mencapai Ke Pantai Indrayanti dari pusat kota Jogja anda memerlukan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan.

Rute Pantai Indrayanti dari Jogja:

Jogja -> Piyungan -> Patuk -> Sambipitu -> Arah Hutan Bunder -> Gading -> Logandeng -> Siyono -> Bundaran Tugu BPD -> Jl. Kyai Legi -> Jalan Lingkar Selatan -> Jl. KRT Djojodiningrat -> Jalan Girisubo -> Wonosari -> Jalan Saptosari -> Tepus -> Sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke Timur menuju Pantai Sundak -> Somandeng -> Baru Anda Sampai Ke Pantai ini(Indrayanti).

Rute alternatif Pantai Indrayanti dari Jogja: ->

Jogja -> Imogiri -> Panggang -> Jalan Saptosari -> Tepus -> Ikuti Arah ke Pantai Baron -> sebelum masuk kawasan Pantai Baron ke arah Timur sampai pertigaan Pantai Sudak ke kiri (Timur) melewati kawasan Pantai Sundak dan Somandeng -> Baru Anda Sampai Ke Pantai ini(Indrayanti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *