Dunia Wisata dan Kuliner

Penyebab dan cara mengobati tangan yang gatal

Written on February 11, 2018   By   in Kesehatan

Apakah Anda yaitu satu diantara orang yang sempat atau seringkali alami telapak tangan gatal? Bila rasa gatal yang berlangsung kurang sekali serta jadi dengan terus-menerus, jadi ada peluang kalau tangan Anda alami masalah atau jadi mungkin saja masalah itu menyerang badan Anda. Pada banyak masalah, kulit telapak tangan yang gatal dapat dibarengi dengan tanda yang lain seperti bersisik, pecah-pecah, kemerahan serta demikian kering.

Rasa gatal yang keluar paling nyaman serta enak memanglah digaruk, tetapi makin digaruk yang pasti kulit dapat makin gatal serta pada akhirnya jadi buat kulit lecet-lecet. Luka atau lecet karena garukan dapat menyebabkan terjadinya infeksi, jadi baiknya kenali apa sajakah pemicunya serta sekalian langkah mengatasinya.

1. Dermatitis Kontak
Pada keadaan dermatitis kontak, pasien tidak cuma rasakan gatal di telapak tangan, tapi juga kulit jadi lebih tidak tipis sekalian kasar, serta bahkan juga beruam kemerahan. Kulit bersisik juga jadi tanda beda yang mengikuti pada keadaan ini hingga begitu mengganggu serta tidak nyaman.

Di ketahui kalau penyebabnya paling utama dari dermatitis kontak ini dikaitkan dengan zat atau benda spesifik dengan karakter yang dapat menghematasi kulit. Contoh benda atau zat yang sangkanya dapat buat telapak tangan gatal yaitu deterjen, semen, dan beberapa zat kimia spesifik. Paparan beberapa hal itu dapat jadikan kulit alami iritasi yang baiknya diatasi dengan benar.

Langkah Menangani : Untuk mengatasinya, yang paling perlu yaitu hindari paparan yang mengakibatkan iritasi serta yakinkan selalu untuk menerapkan pelembab kulit. Beri juga obat cream kortikosteroid serta konsumsi obat tablet kortikosteroid supaya kemerahan serta peradangan dapat menyusut. Terapi imunosupresan sekalian fototerapi dapat juga dihandalkan jika memanglah dibutuhkan.

2. Alergi
Alergi yang umumnya hingga menyebabkan rasa gatal, termasuk juga dibagian telapak tangan yaitu alergi makanan. Beberapa orang memanglah memiliki reaksi alergi saat konsumsi type makanan spesifik. Alergi makanan paling umum yaitu kedelai, kacang, telur, susu, serta makanan laut dimana dapat buat kulit lalu jadi begitu gatal, beruam, serta bahkan juga membengkak.

Tidak cuma di telapak tangan saja rasa gatal dapat menempa, tetapi banyak juga masalah pasien merasakannya di semua badan. Jika telah dibarengi dengan munculnya pembengkakan juga, jadi ini juga akan demikian begitu tidak nyaman untuk yang mengidapnya. Agar tidak berkepanjangan, sebaiknya untuk selekasnya mencari langkah untuk mengatasinya.

Langkah Menangani : Untuk menangani rasa gatal karna alergi, pastinya mesti hindari alergen sebisa-bisanya. Penggunaan obat juga cuma dapat untuk jadi pereda reaksi alergi serta oleh karenanya baiknya pasien dapat coba hindari alergen sembari memakai juga obat antihistamin agar reaksi serta tanda alergi bisa reda. Penyembuhan juga akan sukses untuk masalah alergi yang enteng sampai menengah.

3. Eksim
Telapak tangan yang merasa gatal terus-terusan serta tidak kunjung pulih mungkin saja yaitu sinyal kalau Anda terserang eksim. Ingat kalau eksim juga adalah satu diantara type masalah pada kulit yang tidak cuma dapat berlangsung di bagian kaki tapi juga dapat menyerang sisi tangan.

Penyakit eksim memanglah nampaknya mudah, tetapi gatal-gatalnya dapat lebih jelek sekali lagi bila malam tiba dan pada saat cuaca hangat. Arti beda untuk eksim ini yaitu dyshidrosis atau dermatitis palmoplantar serta keadaan ini masih tetap dapat untuk Anda cobalah tangani. Pemicunya dapat berbagai macam, seperti debu, kain kasar, deterjen, perhiasan imitasi, kosmetik, atau ada kandungan zat kimia tinggi.

Langkah Menangani : Pada masalah gatal-gatal karna eksim, dapat Anda cobalah memakai pelembab emolien dimana peranan intinya yaitu jadi pengurang hilangnya cairan badan pada kulit. Kulit yang terserang eksim juga umumnya karna kekeringan, jadi tambah baik memanglah senantiasa menjaganya supaya senantiasa lembab serta dalam kondisi fresh.

4. Psoriasis
Type penyakit autoimun ini dapat mengakibatkan gatal-gatal di bagian telapak tangan atau kaki. Oleh karena itu, gatal di telapak tangan dapat jadi tanda dari psoriasis. Penyakit ini adalah penyakit periode panjang dimana dikenal juga jadi penyakit kritis. Ini berlangsung waktu beberapa sel kulit tumbuh amat cepat waktu lalu berlangsung penimbunan pada permukaan kulit.

Sebenarnya tanda psoriasis tidak cuma dapat muncul di bagian telapak tangan, ada banyak juga masalah dimana penderitanya alami sensasi gatal pada kaki serta tangan sekalian. Umumnya, tanda gatal-gatal juga akan dibarengi dengan juga pengelupasan kulit, ruam merah, kulit bersisik, kulit kering dan perih, terlebih di muka, lutut, siku serta punggung.

Langkah Menangani : Untuk menangani psoriasis, type serta tingkat keparahannya yaitu hal yang memastikan penyembuhan apa yang sangkanya paling cocok. Fototerapi cukup dapat dihandalkan, atau pasien juga butuh memakai obat beri ataupun obat minum. Jika dibutuhkan dapat pula memakai suntikan apabila gatal serta tanda beda di tangan lebih kronis.

5. Kudis
Telapak tangan yang gatal mungkin saja jadi tanda penyakit kulit seperti kudis. Ada beberapa macam penyakit kulit, serta kudis ini dapat mengakibatkan gatal mengagumkan di daerah telapak tangan atau ruang badan yang lain. Penyebabnya kudis sendiri yaitu penyusupan tungau memiliki ukuran kecil yang masuk ke susunan luar kulit.

Type penyakit menyebar ini yaitu karna tungau yang bertelur serta jadi penyebabnya gatal-gatal yang juga akan merasa demikian mengganggu pada malam hari. Beberapa gejala beda yang mengikuti yaitu ruam, luka pada ruang sisi lipatan badan (ketiak, sekitaran puting susu, sekitaran payudara, siku, pergelangan tangan, serta telapak kaki juga tangan) serta ada lepuhan-lepuhan kecil.

Karna dapat menyebar, jadi memanglah tiap-tiap orang mesti waspada serta tidak dekat-dekat dengan pasien kuds. Potensi penyebarannya begitu tinggi dengan lewat kontak segera pada periode waktu lama serta dapatlah lewat tindakan berpelukan atau sebatas berjabat tangan. Karenanya, sebelumnya menyebar pada orang yang lain, sebaiknya untuk selekasnya mengatasinya.

Langkah Menangani : Perlakuan medis sangkanya begitu diperlukan serta umumnya pemberian obat gatal berbentuk cream juga akan dikerjakan oleh dokter dimana dalam obat beri itu ada terdapat insektisida agar tungau penyebab kudis dapat terbasmi. Agar rasa gatal mereda, umumnya pasien butuh memakai cream/gel mentol, cream steroid enteng, serta antihistamin oral.

6. Carpal Tunnel Syndrome
Type penyakit beda yang mungkin jadi penyebabnya gatal-gatal pada telapak tangan yaitu Carpal Tunnel Syndrome. Kondisi ini bisa berlangsung pada siapapun dimana paling umum dipicu oleh kompresi saraf median baik itu terus-terusan menulis, mengetik atau kesibukan beda yang menuntut jari-jari tangan dipakai seringkali.

Tanda paling menguasai yaitu rasa nyeri yang biasanya dibarengi dengan telapak tangan mati rasa, terlebih dibagian jari-jari. Agar tidak semakin kronis serta jadi bertambah tandanya, jadi perlakuan terbaik mesti dikerjakan agar tanda cepat mereda.

Langkah Menangani : Pada keadaan penyakit CTS, saraf sesungguhnya tengah alami himpitan atau yang kita kenal jadi saraf kejepit dimana pilihan penyembuhan umumnya dapat berbentuk non-bedah atau bedah bila memanglah telah cukup kronis. Untuk masalah enteng, perlakuan umumnya yaitu dengan pemakaian obat type NSAID seperti aspirin atau ibuprofen dan kortikosteroid dimana keduanya juga akan menolong jadi pengendali tanda pada telapak tangan dan kurangi gatal-gatalnya.

7. Lupus
Penyakit Lupus atau SLE (Systemic Lupus Erythematosus bisa jadi penyebabnya terjadinya gatal di telapak tangan. Penyakit satu ini adalah penyakit masalah autoimun yang berarti masalah ketahanan badan tengah berlangsung didalam badan pasien telapak tangan yang gatal hingga jadi membunuh beberapa sel sehat didalam badan.

Tidak cuma telapak tangan dapat rasakan gatal yang begitu buat tidak nyaman, tetapi kemerahan serta lesi juga juga akan keluar. Jika didiamkan, ada peluang ruam juga akan menjadi-jadi rasa gatalnya serta jadi buat penderitanya kurang nyaman. Saat telah merasa gatal serta berlangsung terus-menerus, janganlah sangsi untuk ambil langkah penyembuhan.

Langkah Menangani : Penyakit Lupus sayangnya tidak dapat sembuh, tapi senantiasa ada langkah untuk turunkan resiko tanda yang dihadapi oleh beberapa penderitanya. Obat spesial penekan kebal badan umumnya yaitu yang terbaik. Contoh obat yang disebut ini yaitu seperti kortikosteroid serta siklofosfamid yang juga akan begitu menolong dalam kurangi tanda gatal-gatal.

8. Primary Biliary Sirosis
Keadaan penyakit ini yaitu penyebabnya pruritus atau yang dikenal juga dengan kondisi gatal-gatal pada kulitt. Dimuka, penyakit ini juga akan mengakibatkan rasa gatal tidak cuma dibagian telapak tangan, tapi juga pada telapak kaki. Sinyal tanda juga akan semakin banyak saat penyakit ini berkembang.

Tingkat keparahan juga akan gatal dapat berfluktuasi sebab memanglah serangannya dapat berlangsung setiap saat, tetapi memanglah seringkali pada malam hari. Pemicunya yaitu asam empedu yang menebar dengan bebas pada aliran darah dimana hal semacam ini berlangsung karena ada problem dibagian system saluran empedu. Selekasnya peroleh perlakuan paling baik sebelumnya tanda semakin menjadi-jadi serta semakin susah sembuh.

Langkah Menangani : Biasanya, apabila memanglah penyakit ini yang terkena hingga telapak tangan jadi gatal, obat bernama asam ursodeoxycholic yaitu yang paling dapat dihandalkan. Maksud pemberian obat ini yaitu agar perubahan penyakit dapat dihambat. Sesaat untuk antihistamin, obat ini yaitu yang terbaik untuk menangani rasa gatal hingga dapat dipakai teratur hingga tanda hilang.

9. Herpes Zoster
Infeksi yang berlangsung dibagian saraf dan kulit di sekitarnya yaitu yang kita sebut dengan Herpes Zoster. Virus penyebabnya cacar air atau yang kita kenal dengan varisela zoster yaitu virus yang jadi penyebabnya Herpes Zoster. Pada keadaan ini, tandanya dapat berbentuk rasa gatal dibagian telapak tangan atau sisi badan yang lain juga.

Langkah Menangani : Untuk menyembuhkan atau percepat kesembuhan Herpes Zoster, umumnya pemberian obat antiviruslah yang dikerjakan oleh dokter. Penyembuhan medis dibutuhkan agar mengecilkan potensi serta resiko kompliasi. Obat antivirus paling aman serta umum dikonsumsi sepanjang 7-10 hari saja.

10. Diabetes Melitus
Penyakit periode panjang yang lain yang begitu sangat mungkin jadi penyebabnya gatalnya telapak tangan yaitu diabetes. Saat kandungan gula darah dengan kata lain glukosa begitu tinggi serta lebih dari normal, jadi diabetes yaitu penyakit yang bisa menyerang. Terkecuali rasa gatal pada telapak tangan, sinyal tanda beda yang sangkanya dapat dihadapi yaitu seringkali buang air kecil, seringkali haus, kelaparan berlebihan, luka tidak kunjung pulih, sering alami infeksi, serta pandangan kabur.

Langkah Menangani : Pemberian insulin dengan teratur serta periode panjang yaitu jalan keluar untuk perawatan pasien diabetes. Jika memanglah gatal pada tangan yaitu karna penyakit ini, jadi untuk buat tandanya menyusut yaitu dengan menangani segera penyakit diabetes. Berdiet juga yaitu satu diantara hal perlu yang tiap-tiap pasien diabetes semestinya kerjakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *