Dunia Wisata dan Kuliner

Taman wisata tirta sanita.

Written on August 31, 2016   By   in Wisata

halo semuanya, petualangan tian kali ini menjelajah ke taman wisata tirta sanita.kami berangkat hari sabtu 26 april 2014 dengan bermodalkan mengetahui bahwa ada tempat pemandian air panas di daerah gunung sindur dan tidak mengetahui jalan maupun nama tempat wisata yang dituju, kamipun nekat untuk kesana.
 ciseeng

dari jakarta pusat kita mulai perjalanan pukul 9.00 menuju ciputat dari ciputat mengambil jalan ke arah bogor. sesampainya di persimpangan arah ke bogor dan arah ketangerang, kamipun bingung dan memutuskan untuk mampir ke sebuah toko ritel dan bertanya arah. kami pun diberitahu arah ke gunung sindur ke arah tangerang…

kamipun melanjutkan perjalanan melewati daerah serpong, tangerang selatan. dan setelah sampai di depan institut teknologi indonesia kami kembali bertanya kepada pedagang cilok (aci di colok) sekalian istirahat sejenak, saat itu pukul 11.00. kebetulan ada tempat duduk dan ada atapnya, maklumlah perjalanan jauh tanpa ada tempat adem dengan cuaca yang panas dan gersang, kami pun beristirahat selama 15 menit.
setelah cukup beristirahat dan karena ada yang takut dengan kadal yang keluar dari semak – semak, kamipun melanjutkan perjalanan dengan berbelok ke kiri  tepat di depan institut teknologi indonesia melalui jalan serpong raya. dari sana jalan tidak terlalu sulit hanya mengikuti jalan, namun kemi harus melewati jalur truk besar dengan jalan yang rusak serta debu yang pekat, gersang, serta panas, membuat perjalanan melelahkan. tapi karena ragu, kami bertanya kembali kepada warga. mereka mengatakan tempat pemandian ari panas itu terdapat didaerah yang namanya ciseeng dan biasa disebut gunung kapur dan ternyata kami telah sampai di daerah gunung sindur. akhirnya kamipun melihat plang bertuliskan taman wisata air panas tirta sanita (mungkin ini tempatnya) dan setelah ditanya memang ini tempat yang kami tuju. untuk masuk kesana, parkir motor dikenakan biaya 3000 rupiah, kemudian untuk masuk ke lokasi wisata dikenakan biaya 12.000 rupiah.

di danau kecil ada permainan bola yang dapat dimasuki orang, walaupun ngga ada yang bermain permainan tersebut. di tengah-tengah ada tumpukan batu kapur yang disebut gunung kapur. sepertinya ini lah yang menjadi objek utama dari tempat ini. bayangan kami sebelumnya tentang pemandian air panas adalah berbentuk sungai atau seperti kolam air panas dengan curug, merujuk pada ciater dan pemandian air panas di sukabumi, namun ternyata bayangan kami salah. tempat pemandian air panas disana berada didalam bangunan dan berbentuk bak-bak mandi seperti bathup yang terbuat dari semen dan dibuat perkamar. sepertinya tempat ini ditujukan untuk terapi, bukan wisata. namun dari rasa air, kandungan belerangnya tidak sebanyak di ciater tapi terdapat kandungan garam

perjalanan pulang kami melewati jalur lain dengan awal keberangkatan. kami memilih melalui jampang (setelah bertanya dengan tukang parkir). mengikuti jalan dan sampai di jalan besar jakarta bogor. kemudian menuju arah ciputat. dan ternyata lebih dekat mengambil arah ke bogor dari pada ke tangerang pada saat keberangkatan, sebab melewati tangerang justru memutar. perjalanan pulang pun sangat mudah dan cepat karena hanya lurus saja mengikuti jalan. menurut kabar di seberang taman wisata tirta sanita terdapat pemandian air panas dengan suasana yang alami. next trip kita kesana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *