Dunia Wisata dan Kuliner

Tips Perawatan Lele pada Budidaya Ikan di Kolam Terpal

Written on December 6, 2017   By   in Business & Economy

Perawatan ikan lele pada kolam terpal sangat praktis sekali sebab cakupanya sedikit dan mudah kita buat mengkontrol kondisi di kolam dan ikan lele yg kita pelihara. Perawatan mencakup di beberapa tahapan seperti dengan penambahan air serta pergantian air, pakan, serta pencegahan agresi hama serta penyakit.

Rawat Serta Kontrol Lele Secara Teliti

Diharapkan penambahan air pada kolam sebanyak 15-20 cm, kontrol kondisi air pada kolam krn umumnya air akan berubah rona, anda wajib mengecek airnya. Jika tercium bau yg tak sedap maka harus serta harus anda ganti menggunakan air yg baru. ini dia saya kasihtau caranya :

Pada saluran pembuangan anda buka serta ingat pastikan penyaring sudah terpasang baik. Bila air telah keluar sisakan di kolam hingga kolam hampir kemarau. Jangan kaget jika anda melihat ukuran lele anda karena lele termasuk ikan kanibal dan anda harus rajin menyortir ukuran lele Bila tidak habis lah lele anda karena mereka bersaing dan saling membunuh.

Tips Perawatan Lele pada Budidaya Ikan di Kolam Terpal

Kesempatan anda ketika anda mengubah air pada ketika itulah penyortiran dilakukan. Umumnya ada indera spesifik yg memang didesain buat sortir ukuran lele anda mampu melihatnya. Namun penyortiran umumnya dilakukan 1 kali dalam sebulan sampai lele berumur dua bulan serta umur tiga bulan air diganti lagi setiap 1 minggu sekali.

Setelah selesai disortir lalu lele dipisahkan dengan kolam terpal, cuci terpal anda karena biasanya ada lumut yg menempel serta tutup saluran pembuangan. Masukan air ke kolam hingga 40 – 50 cm.

Anda membutuhkan peredaran air untuk mencegah bau anyir dan mencegah tumbuhnya lumut, Bila air sering berbau maka anda bisa menambahkan air baru ke dalam kolam. Lihat juga bibit ikan murah.

Ada beberapa jenis pakan buat lele, anda mampu membuatnya sendiri dirumah selain harganya murah meriah anda bisa membuat pakan yang tinggi vitamin, protein serta jenis kandungan yg sangat baik sekali buat pertumbuhannya. Saya sarankan anda jangan memberikan pakan cara lain terlalu seringkali apalagi dengan jumlah yg banyak karena akan mengakibatkan jelek pula di lele anda. Tidak hanya anda mampu membeli pelet menjadi pakan serta Jika anda ingin membentuk pelet sendiri.

Pelet memang ada ragam ukurannya, seperti pelet halus, pelet ukuran 1, berukuran 2, berukuran tiga.

  • ukuran halus buat lele umur dibawah 1 minggu
  • berukuran satu pada umur lele hingga 2 minggu
  • berukuran 2 untuk lele dua minggu sampai mencapai umur 2 bulan
  • ukuran ke 3 untuk lele umur 2 bulan hingga menjelang panen serta sampai panen datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *