Dunia Wisata dan Kuliner

Wisata Air Panas Guci Dan Bagaimana Untuk Mengunjungi Lokasinya Dari Semarang

Written on April 9, 2017   By   in Wisata

Wisata air panas Guci – Jika kamu sedang menikmati liburan di kota Tegal selama beberapa hari sebaiknya kamu mampir di tempat wisata Guci, sebab tempat wisata ini selalu menjadi tempat favorit para wisatawan yang mampir di Kota Tegal. Wisata Guci ini biasanya disebut dengan Guci Indah yang merupakan tempat objek wisata di Desa Guci, Bumijawa, Kabupaten Tegal. Wisata Guci ini sangat besar hingga mencapai luas 210 Ha, dan terletak di kaki Gunung Slamet jadi hawa sejuk akan kamu rasakan dan pemandangan yang asri juga bisa kamu dapatkan di wisata Guci.

 

Wisata Guci ini merupakan pemandian air panas yang memiliki 25 tingkatan berbeda, masing  masing tingkatan memiliki suhu air yang berbeda beda. Uniknya lagi ini bukan hasil tangan manusia, air yang dialirkan memang asli dari sumber Gunung Slamet. Jika pada hari libur atau sedang weekend wisata Guci ramai oleh pengunjung dari luar maupun dalam Kota. Air yang hasilkan oleh wisata Guci ini dipercaya mampu memberikan kesembuhan dan kesehatan, terutama bagi beberapa orang yang menderita sakit kulit.

 
Wisata air panas Guci memang kerap ramai oleh pengunjung, apalagi dihari  hari tertentu seperti jumat kliwon, semakin membeludak pengunjung yang datang. Pengunjung datang pada jumat kliwon bukan karena tanpa sebab, kata kebanyakan orang ketika mandi di wisata Guci pada Jumat Kliwon berkah akan semakin berlimpah. Pada jam 12 malam, jika memohon tempat wisata Guci ini akan dikabulkan, dan kepercayaan itu sudah turun temurun. Namun, tidak sedikit juga yang tidak percaya sebab itu hanya sebuah mitos dan kebudayaan saja.

 
Berawal dari cerita bahwa wisata air panas Guci adalah air yang diberikan Walisongo kepada orang orang yang diberikan tugas menyiarkan agama Islam ke daerah Jawa Tengah bagian Barat seperti Tegal. Namun yang memang terlihat bagaimana wisata Guci ini terbentuk bermula dari para penduduk yang menemukan sumber mata air, dan diteliti tidak mengandung racun. Setelah di anggap aman barulah pada tahun 1974 wisata air panas guci ini dibuka untuk umum dnegan fasilitas yang awalnya masih alami tidak seperti saat ini yang sudah cepat berkembang.

 
Untuk menuju wisata air panas guci jika dari arah Semarang kamu butuh menggunakan bus dengan jurusan Semarang Tegal, kemudian turun di Terminal Tegal. Selanjutnya gunakan bus mini untuk menuju Desa Tuwel, Bojong di Tegal yang bisa menghabiskan waktu sekitar 30 – 45 menit. Setelahnya sampai di Desa Tuwel, wisatawan harus rela naik mobil bak terbuka untuk bisa menuju Guci dan memakan waktu sekitar 30 menit saja. Nah, untuk tiket masuknya sendiri dibedakan antara hari biasa dan hari libur, untuk hari biasa bagi anak ñ anak seharga Rp. 4.500,-, dewasa Rp. 5.000,- itu juga sudah termasuk asuransi. Untuk hari libur, bagi anak anak seharga Rp. 6.500,-, dewasa Rp. 7.000,-, cukup murah untuk ukuran liburan yang nyaman dan memuaskan.

 
wisata air panas Guci sudah melewati tahap pembangunan dan perbaikan dengan fasilitas fasilitas yang ditambahkan, di wisata Guci sendiri ada beberapa fasiltias seperti adanya pemandian air panas terbuka dengan 3 lokasi dan memiliki 25 pancuran. Nah, untuk lokasi yang pertama ada 13 pancuran, kemudian yang kedua ada 7 pancuran, dan yang ketiga 5 pancuran. Masing ñ masing tingkatan memiliki suhu yang agak berbeda. Belum lagi di tidak jauh dari lokasi ada kolam renang, tempat penginapan, tempat bermain anak anak dan masih banyak yang lainnya.

 
Datang dan menikmati wisata air panas Guci di Tegal adalah hal yang direkomendasikan untuk liburan yang menyenangkan. Sekian informasi yang diberikan, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *